Gaya Hidup

Manfaat utama sunscreen untuk kesehatan kulit


Jakarta (ANTARA) – Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang paling penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Banyak orang mungkin masih menganggap bahwa sunscreen hanya diperlukan ketika kita berada di pantai atau di bawah sinar matahari yang terik saja. Namun sebenarnya, sunscreen bisa digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit, apalagi Indonesia merupakan negara beriklim tropis.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan sunscreen yang perlu kamu ketahui:

Cegah penuaan dini

Sinar UVA memiliki kemampuan menembus ke dalam lapisan kulit. Sinar ini dapat mengakibatkan kerusakan kolagen yang akan menyebabkan munculnya keriput, garis halus, dan hilangnya kekenyalan kulit. Penggunaan tabir surya secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat terlindungi dari kerusakan akibat sinar UVA yang menyebabkan penuaan dini.

Cegah kanker kulit

Salah satu manfaat paling penting dari sunscreen adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat menyebabkan kerusakan pada DNA kulit, yang dapat berujung pada berbagai jenis kanker kulit, termasuk melanoma yang sangat berbahaya. Dengan menggunakan sunscreen kamu bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, yang keduanya berkontribusi terhadap penyebab kanker kulit.

Kurangi risiko kulit terbakar

Kulit terbakar akibat sinar matahari, atau sunburn, tidak hanya menyakitkan tetapi juga berbahaya. Sunburn dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, pembengkakan, dan dalam kasus yang parah, kulit dapat melepuh dan terjadi pengelupasan kulit.

Dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa melindungi kulit dari sinar UVB yang menjadi penyebab utama kulit terbakar. Hal ini tidak hanya mencegah rasa sakit dan ketidaknyamanan pada kulit tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang.

Cegah hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari dapat memicu produksi melanin yang berlebihan pada kulit kita yang bisa menyebabkan bintik-bintik hitam atau hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi dapat membuat warna kulit menjadi tidak merata dan sulit untuk diatasi. Penggunaan tabir surya bisa membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang memicu produksi melanin, sehingga mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam dan menjaga warna kulit tetap merata.

Penggunaan sunscreen secara rutin adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan kulit dan mengurangi penuaan dini pada kulit wajah. Pastikan untuk memilih produk sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan gunakan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit.

Baca juga: Sunscreen wajah, apa manfaatnya dan alasan harus digunakan setiap hari

Baca juga: Sunscreen, si pelindung kulit dari bahaya sinar matahari

Baca juga: Amaterasun hadirkan UV Sunscreen Serum SPF 50+PA++ dalam kemasan baru

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button