Hiburan

“Persembahan Dari Solo” hadirkan budaya tradisional dan modern


Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kota Solo yang didukung oleh platform Shopee, menghadirkan pagelaran akulturasi budaya tradisional, berpadu dengan seni modern melalui panggung “Persembahan Dari Solo”.

Acara ini digelar di Pendopo Ageng, Puro Mangkunegaran pada Minggu, 17 September 2023, juga disiarkan secara langsung melalui kanal Shopee Live yang ditonton jutaan orang.

Bukan hanya sekadar perayaan tradisi, panggung ini menjadi perwujudan visi Pemerintah Kota Solo untuk membangunnya sebagai sebuah “Kota Budaya yang Modern”.

Gelaran ini menyuguhkan sejumlah pertunjukan budaya memukau, yang dipadukan dengan penampilan musisi ternama baik dari dalam negeri maupun internasional.

Salah satu bintang tamu yang sangat dinanti adalah grup boyband K-pop, XODIAC, yang membawakan nuansa internasional nan modern ke panggung Solo.

Selain XODIAC, sejumlah musisi kenamaan lain seperti Anggun, dan Fabio Asher, hingga legenda Keroncong asli Solo Waldjinah, juga mempersembahkan penampilan terbaiknya dalam acara ini.

Selain pertunjukan musik, “Persembahan Dari Solo” juga menjadi panggung bagi peragaan busana yang menampilkan karya-karya desainer nasional seperti Danar Hadi, An’Soe, dan Surya Abduh.

Baca juga: Kenali gaya belanjamu bersama Shopee 10.10 Brands Festival

Tema yang dipersembahkan dalam gelaran ini adalah batik, sebagai salah satu ciri khas kekayaan budaya Indonesia yang sudah mendunia.

Dengan demikian, “Persembahan Dari Solo” juga akan menjadi jendela bagi dunia untuk melihat keindahan dan keunikan Batik dalam wujud yang modern.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming berharap, kesuksesan “Persembahan Dari Solo”, menjadi sebuah media yang efektif untuk mempromosikan seni dan budaya dari tanah air.

“Bangga sekali ya, Solo bisa menyelenggarakan gelaran ini, yang saya harap bisa menjadi magnet bagi berbagai kalangan, termasuk pegiat seni budaya, influencer, pemerhati seni, dan pelaku industri kreatif untuk promosi budaya Indonesia, terutama Solo,” ucap Gibran.

Gibran juga menyebutkan bahwa, kontribusi masyarakat Solo menjadi salah satu elemen penting bagi kesuksesan acara ini.

Terlihat dari Walikota Solo ini yang telah mengadakan sayembara melalui Instagram untuk membagikan 100 undangan gratis kepada 50 orang beruntung untuk bisa secara langsung hadir menonton pagelaran acara akulturasi budaya ini.

Baca juga: Penjualan meningkat 30x lewat Shopee Live di 9.9 Super Shopping Day

Kesuksesan “Persembahan Dari Solo” merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Solo yang didukung oleh Shopee Indonesia dan sejumlah sponsor seperti Puro Mangkunegaran, BNI, dan Telkomsel.

Kolaborasi ini menjadi bukti bahwa keterlibatan seluruh pihak baik pemerintah maupun swasta dalam melestarikan dan mempromosikan budaya menjadi hal yang sangat esensial.

“Persembahan Dari Solo,” tidak hanya menjadi perayaan warisan budaya semata, namun, juga membuktikan bahwa modernisasi dan pelestarian budaya dapat berjalan beriringan. Solo, kota dengan semangat yang kuat, terus menapaki perjalanannya untuk menjadi pusat budaya yang modern, kreatif, dan berkelanjutan.

Melalui “Persembahan Dari Solo”, Kota Keraton ini juga membuktikan bahwa pelestarian dan modernisasi budaya dalam aspek kehidupan, mampu berakulturasi dengan sangat indah.

Baca juga: Shopee Live perdana gelar flash sale mobil seharga Rp9 ribu

Baca juga: Ariel Noah bersama Geoff Max akan bergabung dalam Shopee Live

Baca juga: 4 cerita pahlawan era revolusi teknologi yang merdekakan sesama

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button