Olahraga

Suhu Panas Jadi Tantangan Utama Formula E Jakarta 2023, Begini Antispasi FEO : Okezone Sports

SUHU panas jadi tantangan utama Formula E Jakarta 2023, begini antisipasi Paddock and Logistics Director Formula E Operationn (FEO) Barry Mortimer. Dia juga mengungkapkan ada beberapa tantangan lainnya, seperti tikungan tajam dan lintasan lurus yang tak terlalu panjang.

Formula E akan kembali mampr ke Jakarta pada akhir pekan ini. Tak seperti tahun lalu, kini ada dua balapan yang bakal digelar di Sirkuit Ancol pada seri ke-10 dan 11 nanti.

Formula E Jakarta

Jika dibandingkan dengan Formula E Jakarta 2022 lalu, banyak pembalap yang mengeluhkan panasnya Sirkuit Ancol yang berdekatan dengan pantai utara Jakarta. Di tahun ini, suhu panas juga membakar trek sepanjang 2,4 km sebagaimana pantauan tim MNC Portal Indonesia di lokasi dalam beberapa kesempatan.

Termasuk pada hari ini, Rabu (31/5/2023) ketika FEO melakukan unboxing Gen3, mobil generasi terbaru yang digunakan di Formula E 2023. Suhu di trek saat acara tersebut berlangsung mencapai 38 derajat Celcius.

Barry Mortimer mengakui bahwa suhu panas menjadi tantangan terberat dalam Formula E Jakarta 2023. Selain itu, Sirkuit Ancol pun memiliki tantangan tersendiri secara teknis.

“Suhu, itu akan jadi tantangan terberat bagi pembalap. Lalu, sirkuit ini juga begitu teknis. Ada banyak tikungan tajam, dan lintasan lurus yang tidak terlalu panjang dan juga sedikit berbelok. Aspal sirkuit juga tidak terlalu mulus, tetpi tantangan terbesarnya memang suhu,” kata Barry kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Rabu (31/5/2023).

Barry menjelaskan bahwa antisipasi dari pihaknya adalah menjaga suhu baterai mobil sedingin mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan es batu dan juga memaksimalkan pendingin ruangan (AC).


Follow Berita Okezone di Google News

“Ya kami memang bakal mencoba mempertahankan kondisi mobil sedingin mungkin, melihat kondisi cuaca di Jakarta ini. Kami harus mengatur temperatur baterai, karena ketika proses charging baterai, akan ada panas yang tercipta. Alhasil, kami mendesain mobil ini agar bisa mempertahankan situasi dingin, ada juga tim yang menggunakan es batu, memaksimalkan AC, dan memang setiap tim sudah memperhitungkan ini,” jelas Barry.

Formula E Jakarta

Selain itu, Barry juga mengatakan bahwa para pembalap memiliki cara sendiri untuk mengatasi cuaca panas. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang membawa kolam renang pribadi demi menyegarkan tubuh.

“Soal cuaca panas, tampak beberapa pembalap juga membawa kolam pribadi di paddock, mereka juga berusaha untuk mendinginkan diri, menjaga suhu tubuh mereka, agar mereka bisa menjalani balapan dengan lebih maksimal,” ujar Barry.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.



Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button