Gaya Hidup

Khasiat sparkling water bagi kesehatan tubuh


Jakarta (ANTARA) – Sparkling water atau air dengan kandungan karbon dioksida yang dilarutkan oleh tekanan tinggi memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh sehingga bisa dijadikan minuman alternatif pengganti soda yang mengandung gula.

Dilaporkan oleh Medical Daily pada Rabu (31/5) menurut riset yang dipublikasikan di WebMD, mengonsumsi minuman berkarbonasi secara rutin dapat memberikan berbagai khasiat untuk kesehatan. Tentunya minuman berkarbonasi yang sehat adalah yang tidak ditambahkan bahan pemanis.

Sparkling water di sini adalah bentuk yang paling simpel, yaitu yang tidak ditambah gula atau pemanis buatan yang bisa disebut sebagai soda sehat,” kata konsultan nutrisi, Jaclyn London.

Baca juga: Dosen UMM ubah sari mawar jadi minuman antioksidan

Berikut adalah beberapa khasiat sparkling water bagi kesehatan tubuh:

Membantu mengatur berat badan

Menurut pakar diet Stefani Sassos, biasanya orang-orang tidak bisa membedakan antara haus dan lapar yang mengakibatkan bertambahnya berat badan yang tidak diinginkan. Sparkling water yang mengandung nol kalori dapat memberikan asupan cairan tubuh untuk mendukung fungsi sel dengan baik dan membantu mengendalikan pola makan.

Melancarkan pencernaan
Sparkling water dapat membantu melancarkan pergerakan makanan dalam saluran pencernaan sehingga membuat pergerakan makanan dalam usus menjadi teratur.

Baca juga: Turunkan risiko diabetes tipe 2 dengan cara ini

Menjaga kesehatan jantung

Air berkarbonasi menghasilkan hidrasi yang optimal, mengatur temperatur tubuh, melembapkan mulut, hidung, dan mata, memperkuat fungsi sendi dan otot, menjaga elastisitas kulit sehat, dan menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan volume darah.

Menambah energi bagi tubuh

Memberikan asupan air dalam tubuh dapat meningkatkan energi dan imunitas dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan air maka akan berpengaruh terhadap kondisi otot dan organ tubuh serta tubuh akan terasa lebih lesu.

Baca juga: UNICEF: Minuman soda tidak memperlancar siklus menstruasi

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button