Politik

Ketua MPR dorong jumlah RPH bersertifikat NKV dan halal semakin banyak


Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong jumlah rumah potong hewan (RPH) pada tahun 2023 yang bersertifikat nomor kontrol veteriner (NKV) dan halal semakin banyak.

“Mendorong di tahun 2023 ini semakin banyak RPH yang bersertifikat NKV dan halal sehingga para pelaku usaha mikro dan kecil atau pelaku usaha lainnya semakin mudah dalam mendapatkan bahan dasar daging atau hasil jasa sembelihan lainnya yang sudah bersertifikat halal,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin.

Bamsoet mengatakan RPH yang memiliki sertifikat NKV dan halal adalah hal penting, mengingat produk yang berasal dari RPH bersertifikasi halal akan lebih terjamin kehigienisannya.

“Termasuk, bisa diperdagangkan antarprovinsi, serta layak dimasukkan di pasar ritel modern,” kata Bamsoet.

Oleh karena itu, Bamsoet meminta Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk memetakan dan menelusuri RPH di kabupaten/kota yang belum tersertifikasi halal.

Baca juga: Ketua MPR minta pemerintah jaga stabilitas dan keberlanjutan ekonomi

Baca juga: Ketua MPR apresiasi biografi politik “Anak Kolong Menjemput Mimpi”

“Dengan begitu, setiap RPH yang terdata dapat didorong untuk mengajukan proses pendampingan sertifikasi NKV dan halal,” kata dia.

Bamsoet meminta LPPOM MUI menggandeng sejumlah pihak terkait, yakni Kementerian Agama, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan pemerintah kabupaten/kota dalam program akselerasi sertifikasi RPH halal.

“Dengan demikian diharapkan, setiap RPH yang ada sudah melakukan proses sertifikasi halal sebelum jatuh tempo kewajiban penerapan sertifikasi halal RPH pada 17 Oktober 2024,” ujarnya.

Di samping itu, Bamsoet mengatakan bahwa LPPOM MUI perlu tetap mengedukasi dan menyosialisasikan pentingnya RPH bersertifikasi halal dan memiliki sertifikat NKV. Hal itu, kata Bamsoet, merupakan upaya memenuhi kewajiban jaminan produk halal di Tanah Air.

“Termasuk, memastikan konsumen memperoleh kualitas produk terbaik,” ujar dia.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button