Teknologi

Sabet Google Play Best of 2023, TipTip siap perkuat eksistensi di 2024


Jakarta (ANTARA) – Menjelang akhir tahun, platform monetisasi komunitas dan kreator konten TipTip meraih penghargaan Google Play Best of 2023 kategori Best for Personal Growth dan bersiap memperkuat eksistensi di tier 2 dan tier 3 Indonesia pada 2024.

Founder dan CEO TipTip Albert Lucius melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Jumat mengatakan, tahun 2023 menandai pertumbuhan terbesar bagi TipTip terutama di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

“Ini memperlihatkan peluang besar untuk monetisasi bagi kreator dan komunitas di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk memperluas kehadiran TipTip di luar wilayah Jabodetabek,” kata Albert.

Sejak Juli, TipTip telah menjadi rumah lebih dari 25.000 kreator serta pusat bagi lebih dari 2.000 komunitas terdaftar yang telah mengorganisir sekitar 5.500 pertemuan komunitas. Angka tersebut mencerminkan pertumbuhan lebih dari lima kali lipat dalam aktivitas dan keterlibatan sejak akhir kuartal kedua.

Kemudian, kreator dan komunitas di TipTip melaporkan pendapatan bulanan sebesar Rp9,3 juta. Diperkirakan, 65 persen dari total pendapatan yang dihasilkan oleh kreator TipTip berasal dari kota tier 2 dan tier 3, menunjukkan sifat inklusif dan luasnya ekonomi kreator.

Sebagai platform terintegrasi, TipTip memperkenalkan beberapa fitur tahun ini yang memungkinkan kreator dan komunitas dapat menghasilkan pendapatan tambahan melalui berbagai saluran, terlepas dari jumlah pengikut mereka.

TipTip juga memprioritaskan untuk menciptakan ruang digital yang aman dan cocok baik untuk kreator, komunitas, maupun pengguna. Algoritma pembelajaran mesinnya mampu mengidentifikasi dan menghilangkan konten yang melanggar Pedoman Komunitas, demi memastikan pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi pengguna dari segala usia.

Albert menekankan bahwa TipTip dilengkapi dengan teknologi yang dirancang untuk melindungi kekayaan intelektual para kreator. Teknologi itu memastikan bahwa konten tidak dapat diunduh dan tetap secara eksklusif dapat diakses hanya melalui TipTip. 

Selain itu, setiap sesi siaran langsung yang diadakan di platform ini diberi watermark menekankan keasliannya dan memperkuat integritas konten.

Selain untuk monetisasi, TipTip juga berperan menghubungkan brand dengan komunitas melalui berbagai inisiatif dan acara yang ada di dalam platform. Menurut Presiden Komisaris TipTip Triawan Munaf, kolaborasi-kolaborasi yang dilakukan TipTip bahkan memberikan dampak makro dalam sektor pariwisata.

“Pada tahun 2023, TipTip secara strategis mendukung tiga acara nasional besar, termasuk Indonesian Bimmerfest 2023 oleh BMW Car Club Indonesia, pertemuan Porsche Club Indonesia, dan acara Scooter Madness, menarik lebih dari 3.000 peserta dari 200 komunitas di seluruh Indonesia,” ujar Triawan.

“Saat kita memasuki tahun 2024, upaya kolaboratif TipTip dengan berbagai pemangku kepentingan akan memperkuat ekosistem creatorpreneur, memperbesar perannya dalam memikat industri pariwisata, dan memperlihatkan keberagaman budaya Indonesia,” katanya.

Dengan demikian, pendekatan strategis oleh TipTip ini tidak hanya memperlihatkan keragaman dan kehidupan dari konten di platform, tetapi juga menegaskan komitmen perusahaan untuk memupuk pertumbuhan dan inovasi dalam ekonomi kreatif Indonesia.

Baca juga: TipTip berdayakan komunitas dengan wadahi tiga event otomotif nasional

Baca juga: TipTip raih investasi seri A senilai 13 juta dolar AS

Baca juga: TipTip jadi jawaban bagi kreator konten alami pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button