Otomotif

Honda Mobilio Cuma Dijual Buat Taksi, Bakal Disuntik Mati? : Okezone Otomotif

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan masih memproduksi Mobilio di pabrik di Karawang, Jawa Barat. Namun, mobil jenis MPV tersebut saat ini hanya dijual untuk perusahaan taksi. Jika tak dibutuhkan bisa langsung disuntik mati.

Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, Mobilio diproduksi karena ada kebutuhan pasar fleet. Honda sudah tidak lagi melayani pembelian retail atau penggunaan pribadi.

Salah satu perusahaan yang masih menggunakan Honda Mobilio adalah Bluebird yang menjadikannya sebagai armada taksi. Namun, Billy menegaskan tidak ada batasan minimal dalam pembelian Mobilio untuk pasar fleet.

“Kayanya dibagi-bagi sistemnya, ada Mobilio, ada Transmover. (Pembelian) Honda bebas, di atas 10 sudah dibilang fleet. Perusahaan biasanya. Bisa kita atur kalau ada permintaan,” kata Billi di Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Salah satu alasan Honda tidak lagi menjual Mobilio secara retail karena merasa waktunya sudah habis. Menurut Billy, konsumen Indonesia menginginkan model yang baru, sesuai dengan perkembangan zaman.

“Tapi mobil pasti ada masa hidupnya, kapan harus diganti, harus disetop. Kan suatu produk harus ada lifetime-nya, tergantung dari permintaannya. Kalau sudah selesai dan memang sudah tidak harus dibuat lagi itu ada kebijakan lagi, biasanya kita pertimbangkan baik-baik sudah harus digantikah atau distopkah,” ujarnya.

Mobilio sempat menjadi sorotan pada awal kemunculannya pada September 2013. Pasalnya, saat itu Indonesia menjadi negara pertama yang merilis Low MPV tersebut dengan memanfaatkan platform Honda Jazz.

Hanya dalam waktu dua tahun, mobil 7 penumpang tersebut membukukan penjualan sebanyak 122.220 unit secara nasional. Pencapaian itu sangat positif bagi pendatang baru mengingat lawannya saat itu adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang selalu mendominasi pasar.

Namun, setelah itu penjualan Honda Mobilio alami penurunan. Kendati begitu, produsen asal Jepang tersebut tidak berupaya melakukan pembaruan. Bahkan, Mobilio seperti sudah tidak ada dalam lini model mereka.

Itu terbukti dalam beberapa pameran otomotif nasional, seperti GIIAS, IIMS, dan sebagainya, Mobilio tidak disertakan oleh Honda.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button