Daerah

Info Haji – Gubernur: Penerbangan haji perdana di BIJB jadi sejarah Jawa Barat


Majalengka (ANTARA) – Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil mengatakan penerbangan perdana haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi sejarah provinsi itu karena bandara kebanggaan warga setempat itu sudah bisa melayani masyarakat untuk perjalanan ibadah haji.


“Hari ini (28/5) bersejarah untuk Jawa Barat, karena ini pertama kalinya Bandara Kertajati yang kami banggakan bisa memberangkatkan (jamaah calon haji, red.),” kata dia di Majalengka, Minggu (28/5) malam.

Ia mengatakan penerbangan perdana untuk jamaah calon haji di BIJB ini tentu memberikan angin segar bagi bandara kebanggaan Jawa Barat dengan harapan dapat terus berjalan untuk melayani masyarakat.

Dia menjelaskan pada musim haji 2023, terdapat 24 kelompok terbang (kloter) JCH yang akan diberangkatkan dari BIJB Kertajati, diawali dengan penerbangan perdana pada Minggu (28/5) malam.

“Untuk yang diberangkatkan melalui Kertajati ini ada 24 kloter dengan usia termuda 18 tahun dan tertua 103 tahun,” tutur Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Baca juga: Menag Yaqut lepas penerbangan perdana calon haji di Bandara Kertajati

Setelah adanya penerbangan haji, dia mengharapkan, Bandara Kertajati bisa dimanfaatkan untuk penerbangan lainnya, terutama umrah, agar bisa secara rutin berangkat dari BIJB.

Kang Emil juga berterima kasih kepada Kementerian Agama yang sudah memberikan kesempatan bagi Bandara Kertajati untuk dapat melayani masyarakat, terutama yang berada di Jawa Barat bagian utara.

Terkait dengan koneksi Bandara Kertajati juga akan segera selesai, terutama Tol Cisumdawu, yang dapat mempercepat mobilitas warga, khususnya di Bandung dan sekitarnya.

Ia mengharapkan adanya koneksi tersebut Bandara Kertajati itu dapat digunakan untuk penerbangan.

“Kami mendapatkan informasi bahwa Tol Cisumdawu akan beroperasi satu bulan lagi sehingga diharapkan dapat menunjang keberadaan bandara,” katanya.

Baca juga: Layanan konsumsi siapkan 5,7 juta boks makanan selama di Madinah

Baca juga: Jamaah Indonesia di Madinah bergerak menuju Mekkah mulai 1 Juni

Baca juga: Kloter pertama 374 calhaj terbang dari BIJB Majalengka Ahad malam


Pewarta: Khaerul Izan

Editor: M. Hari Atmoko

 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button