Otomotif

7 Tips Agar Mobil Prima saat Liburan Akhir Tahun : Okezone Otomotif

JAKARTA – Momen liburan akhir tahun, merupakan waktu yang dinantikan oleh banyak orang.


Bagi para pemilik mobil, persiapan untuk perjalanan jauh bukan hanya sebatas merencanakan rute dan destinasi, tetapi juga melibatkan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan.

Agar liburan Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan di tengah jalan, penting untuk memberikan perhatian khusus pada kesehatan dan kesiapan kendaraan Anda.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (14/12/2023), Inilah 7 hal yang harus diperiksa sebelum memulai perjalanan,

1. Tekanan Ban

Lakukan pemeriksaan terhadap kondisi dan tekanan ban. Pastikan keadaan ban masih aman dengan menggunakan Tread Wear Indicator, terutama saat menghadapi permukaan jalan basah. Sesuaikan tekanan ban sesuai rekomendasi yang tertera pada buku panduan kendaraan atau stiker di pilar pintu pengemudi.

2. Pencahayaan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan seluruh sistem pencahayaan mobil berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu senja, lampu kabut, dan lampu rem.

Kondisi cuaca di perjalanan tidak selalu dapat diprediksi, oleh karena itu, semua lampu harus berfungsi untuk menjaga keselamatan.

3. Sistem Pengereman

Penting bagi Anda sebelum melakukan liburan, untuk mengecek rem mobil kalau seandainya tetap optimal. Dalam langkah sederhana, periksa keadaan kampas rem apakah masih memiliki ketebalan yang mencukupi.

4. Aki

Untuk menghindari mobil mogok saat di perjalanan, Cek tegangan aki dan pastikan kondisinya stabil.


Follow Berita Okezone di Google News


5. Sistem Pendingin

Periksa cairan pada sistem pendingin dan komponen lainnya. Pastikan air radiator dalam keadaan bersih, dan jika perlu, lakukan pengurasan.

Selain itu, periksa juga cairan lain seperti air wiper untuk memastikan kaca dapat dibersihkan dengan baik saat perjalanan.

6. Bahan Bakar

Terakhir, pastikan kendaraan memiliki cukup bahan bakar untuk perjalanan. Disarankan untuk mengisi bahan bakar ketika tingkat bahan bakar mencapai setengah tangka.

7. Sistem Pelumasan

Lakukan pemeriksaan terhadap tingkat dan kondisi oli pada mobil sebelum berangkat. Jika mendekati batas penggantian, sebaiknya lakukan penggantian oli lebih awal dari jadwal.

Muhamad Nurifan Anwar


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button