Daerah

Pemudik Lebaran 2024 di Kalteng diprediksi meningkat 17,41 persen – ANTARA News Kalimantan Tengah


Palangka Raya (ANTARA) –

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan pemudik pada periode Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Lebaran 2024 diprediksi mengalami peningkatan sekitar 17,41 persen.

 

Kepala Dishub Kalteng Yulindra Deddy di Palangka Raya, Selasa, mengatakan, prediksi ini berdasarkan berbagai data yang dihimpun dan dikompilasikan dengan prediksi yang dibuat Kementerian Perhubungan.

 

“Untuk Kalteng tren kenaikan diprediksi 17,41 persen, ada peningkatan dibanding 2023,” jelasnya.

 

Yulindra memaparkan, pada 2023 sesuai data yang pihaknya himpun, pergerakan orang selama mudik Lebaran mencapai 145.117 orang. Adapun moda transportasi laut paling banyak digunakan pemudik yakni mencapai 41 persen, transportasi udara 34 persen, serta transportasi darat 25 persen.

 

 

Dia memaparkan transportasi laut masih menjadi pilihan utama dan terbanyak dari para pemudik di Kalteng. Adapun transportasi laut di Kalteng di antaranya tersedia di Pelabuhan Sampit Kotawaringin Timur, Pelabuhan Kumai Kotawaringin Barat, serta Pelabuhan Bahaur Pulang Pisau.

 

“Evaluasi dari tahun lalu, terbanyak menuju Jawa Timur baik yang melalui laut maupun udara,” katanya.

 

Terkait potensi tersebut, pihaknya telah berkoordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti Balai Pengelola Transportasi Darat, Dishub kabupaten dan KSOP, Angkasa Pura II dan lainnya.

 

Misalnya untuk pihak bandara ataupun maskapai jika dapat menyediakan penerbangan ekstra, serta pihak penyedia jasa angkutan kapal laut untuk menyediakan jadwal keberangkatan yang memadai menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button