Politik

ASEAN-BAC: Kepemimpinan perempuan bagian dari pertumbuhan ASEAN


Kalau bicara inklusivitas, kita mesti memastikan women leadership (kepemimpinan perempuan) jadi bagian dari hal ini. Kita ingin young generation is part of this. Kita ingin juga disabilitas bagian dari ini. Karena kembali lagi, kita tidak bisa mening

Jakarta (ANTARA) – Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menegaskan bahwa kepemimpinan perempuan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam mendukung visi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Menurut Arsjad, hal itu sejalan dengan tema ASEAN Centrality: Innovating towards Greater Inclusivity di mana inklusivitas menjadi kunci utama.

“Kalau bicara inklusivitas, kita mesti memastikan women leadership (kepemimpinan perempuan) jadi bagian dari hal ini. Kita ingin young generation is part of this. Kita ingin juga disabilitas bagian dari ini. Karena kembali lagi, kita tidak bisa meninggalkan siapapun di belakang,” katanya seusai menjadi pembicara dalam ASEAN Women CEO Forum 2023 di Jakarta, Sabtu.

Menurut Arsjad, inklusivitas juga menjadi motto ASEAN di kepemimpinan Indonesia tahun ini. Bahkan, tema inklusivitas itu juga disuarakan oleh para pemangku kepentingan yang ditemui ASEAN-BAC selama kegiatan roadshow sejak awal tahun ini.

“Ini bukan hanya bahasa dari saya, tapi dari semua stakeholder yang saya ajak bicara, di seluruh negara ASEAN, termasuk Timor Leste,” tuturnya.

Oleh karena itu, ASEAN-BAC terus mendorong pemberdayaan perempuan, khususnya di sektor bisnis di kawasan. Salah satunya dengan mendorong perusahaan-perusahaan di kawasan untuk menciptakan lebih banyak pemimpin perempuan.

“Contohnya bagaimana kita lebih mendorong pemberdayaan perempuan, jadi bagaimana perusahaan-perusahaan di negara-negara ASEAN bisa menciptakan lebih banyak pemimpin perempuan, itu kuncinya,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia itu.

ASEAN Women CEO Forum atau Forum CEO Perempuan ASEAN merupakan salah satu acara sampingan dalam rangkaian KTT ke-43 ASEAN. Forum tersebut bertujuan untuk menyediakan ruang bagi perempuan untuk berbagi cerita dan saling menginspirasi.

ASEAN Women CEO Forum juga merupakan acara sampingan dalam pekan ASEAN Business and Investment Summit di KTT ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta.

Baca juga: ASEAN-BAC kolaborasi kolektif inklusif atasi perubahan iklim

Baca juga: Arsjad Rasjid: Indonesia ciptakan era baru berbisnis di ASEAN

Baca juga: ASEAN-BAC perkuat sektor swasta dan pemerintah majukan ekonomi ASEAN

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button