Ekonomi

Menaker Dorong Komunitas Pelajar Indonesia di Luar Negeri Rangkul Pekerja Migran


Suara.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mendorong agar komunitas Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang berasal dari pelajar atau kalangan lainnya untuk merangkul para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Para pelajar di luar negeri dianggap memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah melindungi para pekerja migran di sana.

“Banyak negara penempatan yang menyukai para PMI, karena dikenal sebagai pekerja yang santun, baik dan kompeten. Maka dari itu, mari kita mempromosikan dan menjaga nama baik PMI, yang tentu akan berdampak pada nama baik Indonesia,” kata Ida Fauziyah ketika melakukan pertemuan dengan Perwakilan Diaspora dan PMI di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat, Maroko, pada Kamis, (15/6/2023).

Ida mengatakan, berdasarkan data penempatan PMI, dari kurun waktu 2018 hingga April 2023, penempatan PMI ke Maroko masih sangat minim, yaitu hanya berjumlah 47 orang, yang bekerja di sektor perhotelan atau pariwisata.

“Ke-47 PMI tersebut telah terdaftar di sistem Pemerintah Indonesia, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi PMI, antara lain dalam layanan pelindungan sebagai WNI,” ucap Ida.

Baca Juga:
Oknum Pejabat Imigrasi Makassar Terbitkan Puluhan Paspor PMI Ilegal

Dalam pertemuan dengan PMI dan diaspora Indonesia di Maroko, Ida berpesan untuk dapat membangun hubungan baik dengan perusahaan, rekan kerja dan KBRI Rabat.

Selain itu, ia juga meminta para PMI dan diaspora Indonesia agar mematuhi semua peraturan-peraturan yang berlaku. Kesempatan bekerja di luar negeri ucap Menaker bukan hanya untuk memperoleh penghasilan, akan tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

“Bekerjalah dengan penuh rasa syukur, sehingga saudara-saudara dapat mencerminkan citra bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang besar, santun, taat aturan, dan bangsa yang unggul SDM nya serta selalu menjaga marwah kehormatan bangsa,” ujarnya.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button