Daerah

Dua pemuda Kobar bersaing di pemilihan pemuda pelopor – ANTARA News Kalimantan Tengah


Pangkalan Bun (ANTARA) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Barat telah mempersiapkan dua pemuda setempat untuk mengikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional tahun 2023, yang di selenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

“Ada dua pemuda yang sudah kita siapkan, dan akan mengikuti seleksi pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2023 dari tingkat kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional hingga diharapkan meraih posisi Pemuda Pelopor tahun 2023 mewakili Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Barat Aqil Noor di Pangkalan Bun, Rabu.

Aqil Noor menyebutkan, kedua pemuda tersebut bernama Dedy Pratama berasal dari Desa Sungai Melawen, Pangkalan Lada yang tampil pada bidang pendidikan, sedangkan Rusdi berasal dari Kotawaringin Lama dengan bidang agama, sosial, dan budaya yang memfokuskan pada bidang kebudayaan. 

“Pemilihan Pemuda Pelopor mencakupi lima bidang kepeloporan yaitu bidang pendidikan, bidang agama, sosial dan budaya, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, bidang pangan, serta inovasi teknologi, namun untuk titik fokusnya kita di kebudayaan,” beber Aqil.

Dia mengatakan, Dispora Kotawaringin Barat telah mengirimkan berkas untuk diseleksi secara administrasi. Calon pemuda pelopor terpilih tingkat provinsi, dan dilanjutkan pada 20 Mei sampai 3 Juni 2023 akan dilakukan Fact Finding oleh panitia provinsi ke lokasi calon Pemuda Pelopor.

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel dan Kobar resmi dilantik, gubernur tak lagi ajukan pj selanjutnya

Pemilihan pemuda pelopor tahun 2023 akan dimulai dari tingkat provinsi, yang diumumkan pada 7 – 10 Juni 2023. Selanjutnya, pemilihan pemuda pelopor akan dilanjutkan pada tingkat nasional yang dimulai dari seleksi administrasi hingga pengumuman Pemuda Pelopor Tingkat Nasional oleh  Kemenpora RI pada 2 Oktober 2023. 

“Nantinya pemuda yang berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023, akan diberikan penghargaan yang sekaligus mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023 mendatang,” ungkapnya.

Aqil Noor juga mengungkapkan, Kabupaten Kotawaringin Barat mewakili Kalimantan Tengah telah menyabet posisi Pemuda Pelopor Nasional tiga tahun berturut turut di bidang sosial pada tahun 2019, bidang pendidikan dan sumber daya alam 

lingkungan 2021, dan di bidang inovasi teknologi serta agama, sosial dan budaya pada tahun 2022.

Harapannya pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2023 ini, utusan Kabupaten Kotawaringin Barat kembali memenangkan seleksi provinsi tersebut. Selanjutnya, diharapkan kembali memenangkan posisi Pemuda Pelopor tersebut di tingkat Nasional.

“Semoga keduanya masuk di 15 besar, bila sudah masuk kemungkinan peluang untuk juara ada minimal juara 3 sudah cukup,” demikian Aqil.

Baca juga: Masyarakat Kobar diminta jaga persatuan dan bersama membangun daerah

Baca juga: DLH Kobar atur strategi baru tingkatkan kebersihan kota

Baca juga: Persiapan sudah dilakukan, pelantikan Pj Bupati Barsel dan Kobar akhirnya ditunda




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button