Olahraga

Dua mata pisau aturan pemain asing IBL


Jakarta (ANTARA) – Liga bola basket Tanah Air, Indonesia Basketball League (IBL) telah bergulir selama empat pekan dengan berbagai peraturan barunya yang memberikan warna tersendiri di kompetisi tersebut.

IBL musim 2024 berjalan tidak seperti pada musim-musim sebelumnya di mana laga dilangsungkan dalam tiap seri yang menyambangi berbagai kota di Indonesia. Kemeriahan pertandingan memang amat terasa berbeda di tiap pertandingan basket musim ini dengan digelarnya format laga kandang dan tandang.

Manajemen IBL yang sebelumnya menjadi penyelenggara pertandingan, kini menyerahkan pengelolaan laga pada masing-masing klub. Peraturan tersebut membuat setiap klub harus memiliki markas atau homebase sebagai laga kandang, sekaligus menjadi penyelenggara pertandingan.

Baca juga: Laga kandang-tandang jadi tantangan IBL 2024
Baca juga: Dirut IBL optimistis format kandang-tandang tingkatkan minat basket

Hal lainnya dari peraturan IBL yang sempat dikritisi sebelum dimulainya kompetisi adalah tentang regulasi pemain asing.

Jika pada musim sebelumnya IBL hanya memperbolehkan tim memiliki dua pemain asing dengan hanya satu pemain asing yang boleh bermain di lapangan, pada musim 2024 tiap tim diperbolehkan memiliki tiga pemain asing dengan dua orang yang berlaga di lapangan.

Ada pula peraturan mengenai pemain naturalisasi berdarah Indonesia yang dihitung sebagai pemain lokal.

Selain itu, peraturan mengenai batas menit bermain yang diperbolehkan untuk pemain asing pada setiap klub yang sebelumnya diterapkan oleh IBL, kini dihapuskan. Dua pemain asing yang diturunkan oleh tim di lapangan bebas memiliki menit bermain tanpa batas.

Aturan ini sebenarnya sudah menjadi tanda tanya sebelum IBL musim 2024 dimulai. Dua pemain asing dalam gim berjalan membuat pemain lokal hanya memiliki tiga slot di tiap pertandingan. Yang tentunya, bakal mengurangi menit bermain dari para pebasket Indonesia.

Di sinilah aturan pemain asing IBL tersebut bak pisau bermata dua, yang bisa saja menguntungkan, atau merugikan kompetisi basket nasional.

Baca juga: 39 pemain asing ramaikan IBL 2024

Baca juga: Pacific Caesar datangkan mantan pemain NBA untuk ramaikan IBL 2024

Selanjutnya: Dari sisi positifnya

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button