Ekonomi

Menteri PUPR Optimis Upacara HUT ke-79 RI Bisa Digelar di Ibu Kota Baru


Suara.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa kemajuan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah mencapai 29 persen dalam persiapan Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia pada tahun 2024.

Basuki optimis bahwa Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dapat dilaksanakan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara, yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Saat ini, progresnya sudah sekitar 29 persen. Kami menargetkan beberapa bangunan selesai pada bulan Juli 2024, sehingga bisa digunakan untuk Upacara pada bulan Agustus,” ujar Basuki setelah menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (1/6/2023).

Basuki menjelaskan bahwa sejumlah bangunan telah selesai, termasuk Kantor Presiden, kantor Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menko Maritim dan Investasi, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga:
Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi Bakal Gelar Kongres, Bahas Pembentukan Lembaga Adat hingga UU DKI Jakarta

Selain itu, beberapa jalan tol saat ini sedang dalam tahap pengerasan dengan kemajuan progres antara 5 hingga 10 persen.

Bendungan Sepaku Semoi, yang akan berfungsi sebagai infrastruktur untuk penyediaan air baku dan pengendalian banjir di kawasan IKN Nusantara, telah mencapai 91 persen.

Basuki menargetkan penyelesaian pembangunan bendungan tersebut pada bulan Juli mendatang agar dapat menyediakan pasokan air minum.

Secara total, terdapat 75 paket pekerjaan infrastruktur di IKN Nusantara, di mana 35 paket sedang dalam proses pengerjaan, sementara sisanya akan dimulai pada bulan Juli 2023.

Pada kesempatan sebelumnya, Basuki dan Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, mendampingi kunjungan 130 pengusaha dari Singapura ke IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Rabu.

Baca Juga:
Makna Pohon Hayat dalam Logo IKN Nusantara: Refleksi Kekayaan Budaya dan Alam Indonesia

Basuki menyatakan bahwa kedatangan para investor tersebut bertujuan untuk memastikan dan melihat langsung kemajuan pembangunan IKN sesuai dengan target yang telah ditetapkan.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button