Teknologi

Cara Menjadi YouTuber Yang Sukses Untuk Pemula: 15+ Langkah

Siapa tak kenal David Gadgetin, Jess No Limit, atau Tasya Farasya? Tiga orang tersebut  meraih kesuksesan dengan cara menjadi YouTuber. Kini profesi YouTuber menjadi impian banyak orang untuk berbagi cerita, pengetahuan, dan bakat dengan jutaan orang di seluruh dunia.

Namun, menjadi YouTuber yang sukses bukanlah hal yang mudah. Di balik kesuksesan para YouTuber terkenal, terdapat kerja keras, dedikasi penuh, dan konsistensi tinggi untuk meraih keberhasilan seperti sekarang.

Lantas, bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses, ya? Tenang, di artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah menjadi YouTuber untuk pemula. Tanpa basa-basi, ini dia artikel lengkapnya! 

Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula dalam 17 Langkah

Bagaimana cara menjadi YouTuber pemula yang sukses? Berikut 17 langkah yang dapat Anda terapkan:

  1. Tentukan Minat dan Keahlian Anda.
  2. Pilih Niche Konten YouTube.
  3. Temukan Ciri Khas Anda Sebagai YouTuber.
  4. Pasang Target yang Terukur.
  5. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan.
  6. Bangun Channel YouTube Anda.
  7. Lengkapi Deskripsi Channel Anda.
  8. Rancang Konten YouTube yang Menarik.
  9. Fokus saat Merekam Video.
  10. Edit Video secara Profesional.
  11. Optimasi Video untuk Pencarian (SEO).
  12. Promosikan Video di Platform Lain.
  13. Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten.
  14. Bangun Interaksi Positif dengan Penonton.
  15. Analisis Kinerja Channel YouTube.
  16. Dapatkan Penghasilan melalui YouTube.
  17. Buat Website Sesuai Niche Konten.

Scroll ke bawah untuk lihat penjelasan lengkapnya!

1. Tentukan Minat dan Keahlian Anda

Langkah awal dalam cara menjadi YouTuber adalah menentukan minat dan keahlian. Pilihlah bidang yang memikat hati serta membuat Anda merasa antusias. Dengan begitu, Anda akan selalu termotivasi dalam menciptakan konten video yang otentik.

Selain minat, identifikasi juga keahlian yang Anda miliki untuk diterapkan dalam video YouTube. Hal tersebut dapat memberikan nilai tambah pada karya Anda, sehingga audiens semakin tertarik untuk menonton.

Dengan menggabungkan minat dan keahlian, Anda dapat menjaring viewers yang memiliki ketertarikan serupa.

2. Pilih Niche Konten YouTube

Cara menjadi YouTuber sukses tahap selanjutnya yaitu memilih niche konten berdasarkan minat dan bakat. Niche adalah bidang atau topik khusus yang menjadi fokus konten video YouTube Anda.

tentukan niche dalam cara menjadi youtuber

Dengan memilih niche yang spesifik, Anda dapat membangun keahlian secara mendalam dan menjadi otoritas pada bidang tersebut. Berikut beberapa niche konten populer yang dapat Anda pilih:

  • Beauty – Berfokus pada perawatan kulit (skincare), makeup, dan fashion. Contoh: Suhay Salim.
  • Gaming – Melibatkan konten seputar permainan video, gameplay, maupun ulasan game. Contoh: Jess No Limit.
  • Culinary – Mencakup resep masakan, tutorial memasak, dan eksplorasi kuliner. Contoh: Ria SW.
  • Travel – Berisi konten YouTube seputar eksplorasi wisata, vlog perjalanan, dan tips traveling. Contoh: Wira Nurmansyah.
  • Technology – Membahas tentang review gadget, tutorial teknologi, dan perkembangan dunia IT. Contoh: Gadgetin.
  • Music – Berfokus pada konten seputar musik, seperti cover lagu, tutorial musik, dan footage konser. Contoh: Tami Aulia.
  • Horror – Mencakup konten horor, seperti cerita seram dan eksplorasi tempat-tempat angker. Contoh: Lentera Malam.

Jika sudah mendapatkan niche, Anda bisa mulai memikirkan ide konten YouTube yang pas untuk niche terpilih. Nah, beberapa jenis konten yang sedang trending antara lain tutorial, ulasan produk, dan wawancara narasumber.

3. Temukan Ciri Khas Anda sebagai YouTuber

Setelah menentukan niche, tahap berikutnya dalam cara menjadi YouTubers pemula modal HP adalah menemukan ciri khas. Dalam konteks YouTube, ciri khas adalah sesuatu yang membedakan Anda dengan YouTubers lain, meski memiliki niche yang sama.

kembangkan ciri khas dalam cara menjadi youtuber pemula

Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk menemukan ciri khas Anda:

  • Personality – Tampilkan kepribadian yang menarik, tapi tetap autentik di mata audiens. Misalnya humoris, ceplas-ceplos, atau ramah.
  • Presentasi – Temukan gaya presentasi sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya menyampaikan materi secara mendalam, menyelipkan humor, atau memberikan opini pribadi.
  • Format Konten – Kembangkan format konten yang menarik dan unik. Keunikan ini dapat dilihat dari opening dan closing, efek visual, maupun hal-hal estetis lain. 

4. Pasang Target yang Terukur

Ketika Anda berniat menjadi YouTuber yang sukses, Anda perlu menentukan target secara terukur. Selain untuk memotivasi dan mengarahkan usaha Anda untuk sukses, memiliki target juga bisa membuat Anda jadi lebih realistis.

Lantas, apa saja langkah-langkah memasang target yang terukur untuk YouTube? Berikut beberapa di antaranya:

  • Subscribers dan Viewers – Tetapkan berapa banyak subscribers dan viewers yang ingin Anda capai dalam jangka waktu tertentu.
  • Engagement Penonton – Engagement adalah tingkat interaksi penonton terhadap konten video Anda. Tentukan jumlah likes, comments, maupun share yang Anda targetkan di YouTube.
  • Pendapatan – Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan uang, maka target penghasilan dari iklan, sponsor, maupun hal lain juga perlu Anda hitung.
  • Jangka Waktu – Tentukan jangka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai target-target di atas, misalnya bulanan, semester, atau tahunan.

Tentu saja, target yang Anda pasang dan strategi untuk mencapainya dapat Anda sesuaikan dengan kondisi di lapangan.

5. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Cara menjadi YouTuber langkah selanjutnya adalah mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan. Peralatan yang baik akan membantu Anda menghasilkan video YouTube yang berkualitas dan profesional.

mempersiapkan peralatan dalam cara menjadi youtuber pemula modal hp

Di bawah ini kami sajikan daftar perangkat dasar yang dibutuhkan seorang YouTuber:

  • Kamera – Pilihlah kamera yang sesuai budget dan kebutuhan Anda, seperti kamera DSLR, mirrorless, atau smartphone kekinian dengan kualitas kamera yang baik.
  • Mikrofon – Gunakan mikrofon eksternal guna meningkatkan kualitas suara dalam video. Contoh mikrofon antara lain mikrofon shotgun, lavalier, dan mikrofon USB.
  • Pencahayaan – Pastikan Anda merekam video dengan lighting yang memadai. Manfaatkan lampu studio, ring light, atau pencahayaan alami dari sinar matahari.
  • Komputer – Persiapkan komputer atau laptop berspesifikasi memadai untuk mengedit video dan mengelola channel YouTube Anda.
  • Software editing – Pilih aplikasi edit video yang sesuai kebutuhan, baik dari segi kemudahan maupun fitur. Contoh software jenis ini antara lain Adobe Premiere Pro, iMovie, dan Final Cut Pro.
  • Aksesori Tambahan – Selain perangkat di atas, Anda juga dapat mempersiapkan peralatan lain, seperti tripod, backdrop, maupun teleprompter agar kualitas konten video YouTube semakin baik.

Selain peralatan, Anda juga perlu mempersiapkan ruangan kerja yang nyaman untuk shooting dan editing video YouTube. Tak lupa, sediakan akses internet yang memadai agar proses upload video tidak mengalami gangguan.

6. Bangun Channel YouTube Anda

Dalam cara menjadi YouTuber pemula langkah nomor enam, Anda perlu mendaftar  akun Google lalu membuat channel YouTube. Jika sudah memiliki keduanya, Anda bisa melompat ke tahap berikutnya.

Namun jika belum, Anda dapat menyimak panduan cara daftar Gmail terlebih dahulu. Kemudian, akses halaman website YouTube dan login menggunakan akun yang baru saja Anda daftarkan.

Setelah masuk ke YouTube, klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas halaman dan pilih opsi Create a channel atau Buat channel. Tuliskan nama yang Anda inginkan untuk channel YouTube baru tersebut.

membuat channel untuk cara jadi youtuber

Oh ya, pastikan nama channel tersebut mencerminkan konten video YouTube yang akan Anda sajikan, ya.

7. Lengkapi Deskripsi Channel Anda

Setelah membuat channel YouTube, cara menjadi Youtuber pemula modal HP berikutnya yaitu melengkapi deskripsi channel tersebut. Deskripsi merupakan aspek penting untuk membantu penonton memahami konten Anda dan mendorong mereka menjadi subscriber.

Nah, berikut beberapa tips melengkapi deskripsi channel YouTube:

  • Foto Profil dan Gambar Sampul – Foto profil dan cover sebenarnya bukan bagian dari deskripsi. Namun, keduanya merupakan representasi visual akun YouTube Anda. Untuk itu, buatlah desain foto profil dan cover yang menarik dan tampak profesional.
  • Deskripsi Channel – Tulis deskripsi yang informatif dan menarik tentang channel Anda. Jelaskan konten video YouTube dan alasan kenapa pemirsa perlu menonton video yang Anda upload.
  • Kontak, Media Sosial dan Link Relevan – Sertakan informasi kontak seperti alamat email, akun media sosial, dan link menuju website Anda. Hal ini dapat membuka peluang untuk tawaran kerja sama, pertanyaan, maupun feedback dari penonton.
  • Jadwal Video – Jika Anda memiliki jadwal upload video yang rutin, tak ada salahnya untuk menginformasikan hal tersebut ke penonton, guna mengantisipasi animo penonton.
  • Call-to-Action – Call to Action atau CTA adalah tombol untuk mengajak pengguna melakukan sesuatu. Pada YouTube, Anda dapat menambahkan CTA untuk mendorong pengunjung berlangganan, mengaktifkan notifikasi, atau bentuk interaksi lain.
membuat deskripsi channel sebagai cara menjadi content creator youtube

Jika masih bingung, contoh deskripsi channel YouTube di atas dapat Anda jadikan sebagai inspirasi.

8. Rancang Konten YouTube yang Menarik

Langkah nomor delapan dalam cara jadi YouTuber untuk pemula adalah merancang konten yang menarik. Tahap ini perlu dipersiapkan dengan matang, karena konten yang menarik adalah senjata utama untuk meraup viewers.

Untuk memulai, Anda dapat melakukan riset keyword YouTube tentang tren dan minat penonton di niche Anda. Identifikasi topik yang populer dan relevan, lalu buatlah rencana konten video yang terstruktur sesuai dengan target audiens Anda.

Kemudian, kembangkan topik atau masalah yang akan dibahas. Buat alur yang jelas dan menggugah ketertarikan pemirsa. Jangan lupa untuk menambahkan nilai tambah, seperti pengetahuan, hiburan, atau solusi yang bermanfaat.

9. Fokus saat Merekam Video

Cara menjadi YouTuber yang sukses tahap berikutnya adalah fokus saat merekam video. Penting bagi Anda untuk mempertahankan fokus ketika shooting konten YouTube, agar hasil video menjadi lebih maksimal.

rekam video fokus dalam cara menjadi youtuber

Persiapkan dulu script atau naskah sebelum memulai perekaman. Hal ini akan membantu Anda mengorganisir pikiran, menghindari kebingungan, dan meminimalkan kesalahan. Jika diperlukan, latih kefasihan untuk menjaga kelancaran verbal saat merekam.

Kemudian, berikan perhatian penuh pada kamera saat merekam video. Jaga kontak mata untuk membangun ikatan emosional dengan penonton. Berbicaralah dengan penuh percaya diri, atur kecepatan bicara dan intonasi sesuai konten yang Anda sajikan.

10. Edit Video secara Profesional

Selesai merekam video, langkah selanjutnya dalam cara jadi YouTuber sukses untuk pemula adalah mengedit video secara profesional. Editing ini penting untuk meningkatkan hasil video, menghilangkan kesalahan, dan mempercantik tampilan konten video YouTube.

edit video profesional

Pilihlah aplikasi edit video sesuai dengan kebutuhan, serta pelajari fungsi dasar dan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, perhatikan tiga aspek utama pengeditan video, yakni pemotongan klip, transisi, dan penyuntingan audio.

Pemotongan video terdiri dari menghapus bagian tak diperlukan dan menata urutan klip. Gunakan transisi untuk memperhalus aliran visual antar klip. Kemudian, atur audio untuk memastikan kejelasan suara dan memasukan efek suara pendukung.

11. Optimasi Video untuk Pencarian (SEO)

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP langkah berikutnya yaitu mengoptimasi video untuk visibilitas pencarian. Masih ingat tahap riset keyword pada poin delapan? Keyword tersebut akan Anda manfaatkan lagi pada langkah yang satu ini.

optimasi seo youtube dalam cara menjadi youtuber sukses

Secara singkat, ini dia langkah-langkah optimasi SEO YouTube:

  • Judul video – Pilihlah judul yang menarik, singkat, dan menggambarkan isi konten video YouTube Anda. Selipkan keyword pada judul agar memudahkan mesin pencari mengidentifikasi video.
  • Deskripsi video – Gunakan deskripsi informatif dan paragraf pertama yang kuat untuk menarik minat audiens. Jangan lupa, sebar keyword pada deskripsi video guna memperkuat optimasi SEO.
  • Tag – Manfaatkan keyword sebagai tag pendukung untuk membantu indeksasi dan pengkategorian video oleh mesin pencari YouTube.
  • Transkripsi – Jika diperlukan, tambahkan transkripsi atau Closed Caption (CC) untuk meningkatkan aksesibilitas video bagi penonton yang membutuhkan.
  • Thumbnail – Buatlah thumbnail yang menarik dan mencerminkan isi video, guna menarik perhatian penonton serta meningkatkan peluang klik.

12. Promosikan Video di Platform Lain

Tahap berikutnya dalam cara menjadi content creator YouTube adalah mempromosikan video di platform lain. Dengan mempromosikan video YouTube, Anda berkesempatan menjangkau audiens yang lebih luas.

Salah satu cara promosi yang efektif adalah melalui media sosial. Bagikan link dan teaser video lewat Facebook, Twitter, Instagram, atau akun milik Anda lainnya. Tambahkan deskripsi, thumbnail, dan keyword relevan untuk memancing ketertarikan audiens.

promosi via website dalam cara menjadi youtuber pemula modal hp

Anda juga dapat mempromosikan konten YouTube via website atau blog pribadi. Buatlah postingan atau artikel berkaitan dengan isi video. Jangan lupa sisipkan tautan atau embed menuju halaman video tersebut di YouTube.

Belum punya website? Yuk dapatkan hosting untuk website, sudah gratis domain dan SSL loh!

13. Buat Jadwal Upload Video yang Konsisten

Cara menjadi YouTuber untuk pemula langkah selanjutnya yaitu membuat jadwal upload secara konsisten. Rutin menjadwalkan video menunjukkan komitmen Anda terhadap audiens, sehingga dalam jangka panjang dapat menambah viewer YouTube.

buat jadwal upload konsisten dalam cara jadi youtuber

Tentukan frekuensi upload yang realistis, misalnya setiap hari, seminggu sekali, atau beberapa kali dalam sebulan, sesuai ketersediaan waktu Anda. Jika terjadi perubahan jadwal, sampaikan ke penonton agar mereka tetap mengikuti konten terbaru Anda.

Tak lupa, buatlah rencana konten yang menarik dibahas untuk beberapa waktu ke depan. Hal tersebut memudahkan proses produksi video, serta mengurangi risiko kebuntuan ide konten yang bisa saja terjadi.

14. Bangun Interaksi Positif dengan Penonton

Membangun interaksi yang positif dengan audiens adalah aspek penting dalam cara menjadi YouTuber pemula modal HP. Pertama, selalu tanggapi komentar dan pertanyaan di video Anda. Luangkan waktu untuk berdiskusi dan mengapresiasi dukungan mereka.

bangun interaksi dengan penonton dalam cara menjadi youtuber sukses

Selain itu, buatlah penonton merasa dilibatkan pada konten video Anda. Caranya bisa dengan mengadakan polling atau mengajukan pertanyaan menarik guna menggali pendapat dan pemikiran mereka.

Pertimbangkan juga mengadakan sesi tanya jawab (QnA) dan live streaming dengan viewers. Ini adalah kesempatan Anda untuk berinteraksi secara langsung dan membangun hubungan yang lebih dekat.

15. Analisis Kinerja Channel Anda

Langkah selanjutnya dalam cara menjadi YouTuber yang sukses yaitu menganalisis perkembangan channel YouTube. Ada beberapa tool yang dapat dicoba menganalisis data dan statistik, seperti YouTube Desktop Dashboard.

analisis performa konten sebagai cara menjadi content creator youtube

YouTube Desktop Dashboard adalah dasbor khusus yang memberikan gambaran performa akun YouTube Anda. Di sini, Anda dapat mengetahui performa video berdasarkan metrik-metrik tertentu, maupun rangkuman kinerja channel keseluruhan.

Analytic tool yang satu ini juga memudahkan Anda untuk mengetahui konten jenis apa yang disukai audiens, serta memberikan inspirasi ide konten yang menarik untuk diproduksi di masa mendatang.

16. Dapatkan Penghasilan melalui YouTube

Cara jadi YouTube untuk pemula tahap berikutnya yaitu mendapatkan penghasilan melalui YouTube. Apabila channel YouTube Anda berhasil berkembang, Anda bisa mulai mempertimbangkan platform ini untuk mendulang keuntungan.

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda upayakan, seperti:

  • Monetisasi Iklan – Anda berkesempatan untuk mengaktifkan iklan di video dengan cara daftar Adsense YouTube, dengan catatan akun YouTube Anda sudah memenuhi syarat monetisasi.
  • Konten Bersponsor – Lakukan kerja sama dengan brand yang relevan dengan niche Anda, untuk membuat konten berisi promosi produk atau layanan yang ditawarkan brand tersebut.
  • Afiliasi Produk – Anda bisa memasukkan tautan afiliasi ke dalam deskripsi video atau konten itu sendiri, lalu mendapatkan komisi dari penonton yang membeli via link tersebut.
  • Merchandise – Pertimbangkan juga untuk menjual merchandise, produk, atau layanan milik sendiri melalui channel YouTube kepada para penggemar setia.

17. Buat Website Sesuai Niche Konten

Langkah terakhir pada cara menjadi YouTuber adalah membangun website berdasarkan niche konten YouTube. Website dapat Anda manfaatkan sebagai platform tambahan untuk memperluas jangkauan konten dan meningkatkan kehadiran online.

Melalui website, Anda dapat menyediakan konten eksklusif, artikel pendukung, serta informasi menarik lain yang tidak bisa pengunjung nikmati di YouTube. Website juga memberikan Anda kontrol lebih luas, tanpa terpengaruh kebijakan dan algoritma YouTube.

Untuk membuat website, Anda perlu beli hosting dan domain. Hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file website, sedangkan domain merupakan alamat unik untuk mengakses website Anda.

Tak perlu jauh-jauh, karena Niagahoster menyediakan layanan hosting yang sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, hosting Niagahoster sudah termasuk domain gratis untuk satu tahun pertama, loh. Yuk berlangganan sekarang!

Bangun Karir Anda sebagai YouTuber Sekarang!

Berkarir sebagai YouTuber telah menjadi salah satu pilihan mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula dalam beberapa langkah.

Mulai dari memilih niche konten yang menarik, mempersiapkan peralatan, memproduksi video, sampai membangun interaksi dengan penonton setia. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik menjadi YouTuber?

Jika ya, terapkan langkah-langkah di atas dengan penuh dedikasi, kreativitas, dan ketekunan. Selain itu, teruslah beradaptasi dengan perubahan tren dan preferensi audiens, serta kembangkan kualitas dan nilai tambah konten Anda.

Dengan begitu, Anda dapat membangun channel YouTube sendiri dan menggapai tujuan Anda sebagai YouTuber. Selamat menciptakan konten luar biasa dan semoga sukses dalam perjalanan menjadi YouTuber!


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button