Politik

Hasil rekapitulasi KPU Jateng, Prabowo-Gibran 12.096.454 suara


Semarang (ANTARA) – KPU Jawa Tengah menuntaskan proses rekapitulasi dan perhitungan hasil Pemilu 2024 serta penetapan hasil pemilihan Calon Anggota DPRD provinsi ini,Sabtu sore, dengan Prabowo-Gibran rebut 12.096.454 suara.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan perhitungan tingkat provinsi diakhiri dengan penyerahan berita acara perhitungan oleh Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono kepada saksi masing-masing pasangan capres dan cawapres, partai politik, serta calon anggota DPD RI.

Menurut dia, rapat pleno terbuka di tingkat provinsi ini mundur dari jadwal yang direncanakan yang seharusnya selesai pada 8 Maret 2024.

“Molor karena ada beberapa daerah yang belum diselesaikan sehingga membutuhkan waktu berjam-jam,” katanya.

Beberapa daerah yang proses rekapitulasinya cukup lama antara lain Kabupaten Banjarnegara, Brebes, Wonosobo, dan Magelang.

“Rekapitulasi berjalan baik. Semua selesai walaupun ada keberatan,” katanya.

Ia menyebut keberatan yang disampaikan oleh para saksi berkaitan dengan proses.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Jawa Tengah menetapkan hasil perhitungan pemilihan anggota DPRD Jawa Tengah.

Sementara hasil perhitungan Pemilu Presiden, DPR, dan DPD RI, kata dia, akan dibacakan KPU Jawa Tengah saat rapat pleno terbuka di KPU RI.

Sementara dalam perhitungan pemilu presiden di tingkat provinsi diperoleh hasil pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming memperoleh 12.096.454 suara, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebanyak 7.827.335 suara, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 2.866.373 suara.

Total suara sah dalam pemilu 14 Februari lalu sebanyak 22.790.162 suara, dengan jumlah suara tidak sah sebanyak 685.649 orang.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button