Politik

BPJN IV minta TPS khusus bagi pekerja jalan tol Bayunglencir-Tempino


Jambi (ANTARA) – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi sedang berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jambi untuk menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi para pekerja jalan tol Bayulencir – Tempino yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Satuan Kerja (Satker) Pembangunan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Provinsi Jambi sebagai perpanjangan tangan BPJN  telah berkoordinasi dengan KPU untuk menyediakan TPS khusus bagi para pekerja pembangunan Jalan Tol Bayunglencir-Tempino Seksi 3,” kata PPK Pembangunan Jalan Tol Bayunglencir-Tempino Seksi 3, Arief Budiarto, di Jambi Selasa.

Kepala satuan kerja (Kasatker) sudah bersurat ke KPU tentang TPS khusus itu. Rencananya para pekerja dikumpulkan di suatu tempat untuk bersama-sama menyampaikan hak politiknya pada Pemilu 14 April 2024.

“Untuk TPS khusus itu, kita masih berkoordinasi bersama KPU,” kata Arief Budiarto.

Saat ini data di lapangan ada sebanyak 668 pekerja pembangunan Jalan Tol Bayunglencir-Tempino Seksi 3. Keebanyakan pekerja jalan tol ini  berasal dari Pulau Jawa.

​​​

“Namun pada intinya kami masih koordinasi bersama KPU, dengan harapan begitu pembangunan jalan tol tidak terganggu, jika dibandingkan para pekerja harus mencoblos di domisili asal dan mudah-mudahan diizinkan KPU, sebagian para pekerja diperbolehkan mencoblos di TPS lokasi pembangunan,” katanya.

Jalan tol Bayunglencir-Tempino di Jambi merupakan proyek strategis nasional dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra Seksi 3 yang dibangun ini sepanjang 15.47 km. Saat ini kemajuannya sudah mencapai 52,08 persen.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button