Ekonomi

Bertema Energi Bagi Indonesia, Lomba Foto IPA Convex Diikuti Ratusan Fotografer


Suara.com – Indonesian Petroleum Association (IPA) bersama komunitas fotografi “Kelas Pagi” sukses mengadakan Lomba Foto dengan tema “Energi Bagi Indonesia”. Kompetisi fotografi ini merupakan salah satu rangkaian acara Pameran dan Konvensi IPA (“IPA Convex”) yang digelar ke-47 pada tahun ini.

Lomba dengan total hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 136,5 juta ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kategori, seperti: umum, pelajar, dan jurnalis.

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 590 orang dari berbagai daerah di Indonesia mendaftar sebagai peserta lomba yang telah berlangsung sejak 26 Januari 2023.

“Dari ratusan peserta itu, terkumpul sebanyak 230 karya foto dan video reels yang diunggah para peserta melalui akun media sosialnya masing-masing,” ungkap Ketua Panitia IPA Convex 2023, Krishna Ismaputra, ditulis Jumat (26/5/2023).

Baca Juga:
Pasokan Listrik Menipis, PLN Batam Minta Pelanggan Siapkan Genset

Selanjutnya, menurut dia, foto dan video yang diterima tersebut dilakukan kurasi oleh komunitas foto “Kelas Pagi” dan kemudian menjalani proses penjurian oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional di bidang fotografi.

Mereka di antaranya Agan Harahap, Arbain Rambey, Astrid Febrina, Beawiharta, Dita Alangkara, Martha Suherman, Okky Anak Dolan, dan Yulianus Firmansyah Ladung.

Setelah melewati berbagai tahapan seleksi awal, terpilih beberapa karya foto dan video yang menjadi nominasi pemenang. Panitia kemudian menghubungi para nominator untuk diminta menunjukkan file asli karya foto dan video mereka guna mengikuti proses penilaian lebih lanjut.

“Memilih foto dan video terbaik dari ratusan karya yang ada tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kejelian dan insting sebagai seorang fotografer profesional untuk menentukan yang terbaik dari yang terbaik, “ katanya.

Kepada para peserta lomba, Krishna pun menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme dalam mengikuti lomba foto ini. Harapannya, karya-karya foto dan video yang ada dapat membantu membuka wawasan masyarakat secara umum tentang industri migas di Indonesia, khususnya hulu migas, dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dengan memastikan ketersediaan energi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga:
Keren Banget! 28 Siswa Ini Bikin Penelitian Inovatif: Ada Pembangkit Energi dari Gelombang Laut

“Meskipun saat ini, Indonesia dan seluruh negara di dunia sedang masuk dalam masa transisi energi menuju energi baru dan terbarukan, tetapi sektor migas tetap diperlukan saat ini sebagai salah satu sumber energi dan faktor produksi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kami berharap lomba seperti ini dapat semakin meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya peran industri migas bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujarnya.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button