Daerah

Barito Utara borong juara I lagu daerah putra dan putri – ANTARA News Kalimantan Tengah


Muara Teweh (ANTARA) – Kabupaten Barito Utara,Kalimantan Tengah, berhasil meraih dua kemenangan dalam lomba lagu daerah Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 yakni juara I putra dan putri di GOR Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Kamis.

Kabupaten Barito Utara memegang posisi pertama pada lomba lagu daerah kategori putra dan kategori putri mengalahkan perwakilan dari lima kabupaten dan kota lain di Kalimantan Tengah.

Posisi kedua pemenang lagu daerah kategori putra diraih oleh Kota Palangka Raya, dan juara III diraih oleh Kabupaten Pulang Pisau. Sedang kategori putri, juara II diraih Pulang Pisau, dan juara III diraih Kota Palangka Raya.

“Alhamdulillah berkat dukungan pimpinan, lomba lagu daerah pada FBIM tahun 2023 ini, kontingen Kabupaten Barito Utara memborong juara terbaik 1 putra dan putri untuk kategori lagu daerah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati.

Menurut dia, selain terbaik I lagu daerah putri, terbaik I lagu daerah putra, kontingen Barito Utara juga meraih terbaik II tari pesisir, penata artistik terbaik tari pesisir, terbaik III perahu hias, terbaik III Sukup Simpan, terbaik III bagasing putra dan putri.

Berdasarkan kriteria penilaian dalam menentukan juara Lomba Lagu Daerah adalah dari aspek materi suara, ekspresi, kreativitas, kekompakan dan artistik pertunjukan.

Selama perlombaan, para peserta juga diperkenankan menggunakan penari latar dengan nuansa khas daerah masing-masing maksimal 10 orang dalam satu panggung.

Dalam lomba menggunakan alat musik tradisional daerah setempat dan alat musik akustik sesuai dengan potensi musik yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing. Durasi lagu maksimal 15 menit untuk lagu wajib dan lagu pilihan.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button