Teknologi

Amartha kolaborasi dengan Flip dukung pembiayaan UMKM di pedesaan


Jakarta (ANTARA) – Layanan teknologi keuangan, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berkolaborasi dengan perusahaan penyedia jasa pembayaran, Flip untuk mendorong minat pasar ritel dalam mendukung penyaluran modal bagi UMKM di sektor pedesaan.

Kolaborasi ini memungkinkan adanya produk pendanaan produktif melalui sistem crowdfunding di aplikasi Flip yang memungkinkan pendana untuk membiayai satu atau lebih peminjam dana di satu platform secara kolektif.

Chief Funding Officer Amartha Julie Fauzie dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, menjelaskan kolaborasi Amartha dan Flip bertujuan untuk memperluas akses pendanaan bagi UMKM lewat teknologi yang inklusif.

“Dengan skema crowdfunding, pendana bisa mendanai mulai dari Rp100.000, sangat terjangkau sehingga diharapkan dapat menarik pendana retail yang lebih masif untuk mendiversifikasikan portofolionya pada pendanaan produktif,” ujarnya.

Ia pun memastikan program pendanaan untuk menggerakkan perekonomian lokal tersebut merupakan bagian dari upaya Amartha untuk turut mendukung peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

Dengan adanya aplikasi flip, pendana dapat menyalurkan pembiayaan ke beberapa mitra usaha ultra mikro sekaligus dengan kualitas portofolio yang baik dan memperoleh bagi hasil yang dibayarkan secara mingguan.

Selain untuk mengakselerasi layanan inklusi keuangan, Julie pun memastikan kolaborasi Amartha dan Flip ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk menjalin kolaborasi dan mendukung UMKM Indonesia.

VP Enterprise Growth & Business Development Flip Henri Halim menjelaskan kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen Flip untuk untuk menghadirkan solusi keuangan bagi masyarakat dan pelaku bisnis UMKM lokal.

“Flip optimistis kemudahan teknologi yang kami hadirkan dapat menarik lebih banyak pendana pemula untuk mulai mendiverisifikasi portofolionya dengan mendanai UMKM lewat fitur pendanaan Amartha di Flip,” ujarnya.

Saat ini, fitur pendanaan Amartha dapat digunakan oleh beberapa pengguna Flip, sehingga penguatan kerja sama terus dilakukan agar seluruh pengguna Flip dapat menikmati fitur pendanaan Amartha.

Hingga saat ini, secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan permodalan lebih dari Rp12 triliun kepada 1,7 juta mitra usaha di 35.000 desa di Indonesia.

Sebagai mitra kolaborasi, Flip juga telah membantu transaksi masyarakat hingga triliunan rupiah tiap bulan dan juga membantu lebih dari 12 juta pengguna individu menghemat biaya transfer antarbank dan top-up e-wallet.

Baca juga: Kini Flip for Business bisa transfer uang ke lebih dari 40 negara

Baca juga: Flip masuk 10 besar aplikasi pembentuk generasi versi Google Play

Baca juga: BRISyariah rangkul Flip.id bebaskan biaya transfer antarbank

Pewarta: Satyagraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button