Otomotif

Kombinasi Daging dan Sayuran untuk Pola Makan Seimbang

Kombinasi Daging dan Sayuran untuk Pola Makan Seimbang
Emilia Achmadi, Ahli Gizi Olahraga dalam acara Aussie Meat Academy pada Selasa (10/9) di kawasan PIK, Jakarta Utara.(MI/EVE)

MEMASUKKAN sayuran dalam hidangan daging sapi dapat meningkatkan cita rasa, nilai gizi makanan, dan mendukung pola makan yang lebih seimbang dan sehat. 

Emilia Achmadi, Ahli Gizi Olahraga, menjelaskan dalam acara Aussie Meat Academy pada Selasa (10/9), memadukan daging dengan sayuran adalah kunci untuk makan dengan nikmat dan sehat.

Menurut Achmadi, satu porsi daging sebaiknya seukuran telapak tangan, dan sebaiknya dipadukan dengan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk memastikan keseimbangan nutrisi. 

Baca juga : Kurangi Konsumsi Daging Bantu Atasi Perubahan Iklim

“Satu porsi daging harus seukuran telapak tangan Anda. Padukan daging dengan banyak sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan untuk menciptakan makanan yang seimbang dengan serat, vitamin, dan mineral,” jelasnya. “Jika bisa, cobalah untuk pilih daging organik atau daging yang diberi makan rumput untuk menghindari paparan antibiotik dan hormon”.

Achmadi mengatakan, “Sayuran dapat membantu mengimbangi kandungan lemak daging sapi yang lebih tinggi dengan menambahkan lebih banyak makanan tanpa tambahan kalori, sehingga membantu menurunkan kandungan lemak jenuh per sajian”.

Sayuran yang dapat dikombinasikan adalah sayuran yang berwarna-warni, seperti sayuran hijau, paprika, tomat, wortel, brokoli, dan kembang kol. Ini dapat meningkatkan asupan vitamin, mineral, dan serat, serta membantu menurunkan kandungan lemak jenuh dari daging. 

Baca juga : Ini Jenis Makanan yang Sebaiknya tidak Dihangatkan

Dengan memadukan daging dan sayuran, kata Achmadi “Kombinasi ini dapat memberikan keseimbangan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang lebih luas”. 

Ia menambahkan, “Jangan karena daging kaya protein, hanya makan daging saja. Campurkan daging dengan porsi sayuran yang lebih banyak untuk menyeimbangkan gizi”.

Lebih lanjut, memadukan sayuran dengan daging juga dapat memberikan variasi terhadap rasa dan tekstur agar membuat makanan lebih tidak monoton dan menyenangkan. Terlebih lagi kandungan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan, yang memungkinkan untuk terkena risiko penyakit kronis.

Di samping itu, Achmadi mengatakan vitamin D yang terdapat pada daging menawarkan kepadatan tulang. “Daging merah bisa menjadi sumber lezat untuk mendapatkan banyak vitamin D. Saya menyarankan bagi yang punya anak, harus memasukkan daging ke dalam menu makanan,” pungkasnya. (Z-3)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button